STRATEGI PROMOSI EKOWISTA AMPING PARAK


MERANCANG PROMOSI EKOWISTA AMPING PARAK

 
OLEH : HARIDMAN

    Salah satu indikator Desa Tangguh Bencana termasuk soal ekonomi masyarakat di kawasan rawan bencana. Nagari Amping Parak merupakan salah satu desa yang berupaya memenuhi seluruh indikator Desa Tangguh Bencana.

    Maka perhatian terhadap terwujudnya Desa Tangguh Bencana yang juga tangguh secara ekonomi  yang berkelanjutan dan terintegrasi adalah melalui pengembangan ekowisata berbasis Pengurangan Risiko Bencana dan berprinsip inklusi. 
Terkait telah tersusun dan terbangunnya ekowista di Amping Parak maka selanjutnya perlu dirancang upaya promosi ekowista tersebut. Berikut beberapa arahan untuk merancang promosi wista tersebut   

 
 
  
PERTAMA PENCITRAAN KAWASAN
Menempatkan Ampiang Parak sebagai destinasi wisata konservasi penyu terbaik di Provinsi Sumatera Barat.
Meluncurkan bahan promosi pariwisata Ampiang Parak dengan karakteristik ekowisata berbasis masyarakat.
Memunculkan dan memelihara nilai-nilai kearifan lokal serta potensi masyarakat setempat dalam pengelolaan ekowisata dan lingkungannya.
Melakukan diversifikasi produk wisata yang berlandaskan pada potensi daya tarik setempat.
KEDUA KEMITRAAN
Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kabupaten
Asosiasi Wisata (ASITA, PHRI, Badan Promosi, Pusat Informasi Wisata, dan lain-lain) , Organisasi hobby dan komunitas pariwisata, Himpunan Profesi dibidang kepariwisataan (HPI, ASPI, KOPI, GENPI dan lain-lain), 
Sektoral UMKM dan permodalan usaha Kecil dan Menengah,
Sektoral  yang terkait dengan konservasi satwa, pesisir dan kelautan,
Serta sektor maupun organisasi yang tekait dengan kebencanaan (BASARNAS, BPBD, LSM Kebencanaan dan lain-lain).
Berbagai Media yang memiliki liputan tentang lingkungan dan kepariwisataan. 
KETIGA STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN
Brosur, leaflet, poster dan rekaman video  yang informatif, unik dan menarik dan ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis (pada pusat informasi wisata daerah, hotel-hotel di kawasan wisata mandeh), maupun kepada mitra potensial (Travel Biro).
Pencentuman kawasan ekowisata Ampiang Parak dalam Buku Panduan Wisata yang diterbitkan oleh instansi kepariwisataan daerah dan provinsi.
Memanfaatkan jaringan internet  melalui Website maupun jejaring sosial lainnya dalam mempromosikan kawasan wisata Ampiang Parak.
Membangun jaringan kerjasama promosi melalui media sosial dengan berbagai komunitas wisata yang ada yang aktif memperomosikan destinasi wisata daerah.
Mendorong Dinas Pariwisata Daerah untuk dapat memfasilitasi kunjungan Biro Perjalanan Wisata / Tour Operator ke Ampiang parak dalam rangka mempromosikan potensi wisata tempat ini dan menempatkannya dalam salah satu destinasi kunjungan dalam paket-paket wisata yang mereka tawarkan.
Mendorong Dinas Pariwisata Daerah dan Kabupaten untuk memberikan kesempatan bagi kawasan ekowisata Ampiang Parak dapat hadir dalam berbagai event pameran promosi wisata.
Penyelenggaraan acara khusus (Special event) melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai publisitas tinggi misalnya penyelenggaraan festival, peringatan hari-hari tertentu (Hari Proklamasi, Hari Lingkungan Hidup, hari Bumi, Hari air dan sebagianya) dengan membuat berbagai aktifitas lomba, dan atraksi lainnya.
Memfasilitasi media elektronik (televisi) maupun majalah travel yang berminat dalam melakukan liputan wisata, lingkungan dan budaya yang mempromosikan potensi wisata Ampiang Parak..
Mendorong setiap pihak (Nagari, maupun  warga masyarakat Ampiang Parak) untuk berperan sebagai PR (Public relation) atau duta wisata  Ampiang Parak untuk senantiasa mengenalkan dan mempromosikan destinasi daerahnya pada setiap kesempatan kunjungan, forum pertemuan, kegiatan expose, dan perjalanan dinas maupun melalui media sosial. 
 

Comments

Popular posts from this blog

GOSONG NAMBI NAN EKSOTIK : SURGA BAWAH LAUT NAN TERSEMBUNYI

LTC SELAMATKAN 81 SARANG PENYU TAHUN 2019

ANGGARAN DASAR POKMASWAS LASKAR TURTLE CAMP